TUGAS MERESENSI 3 JURNAL YANG BERKAITAN DENGAN PSIKOLOGI




TUGAS MERESENSI 3 JURNAL
MATA KULIAH     : BAHASA INDONESIA





Nama        : Ayu Setya Wardhani
Kelas         : Psikologi B
NIM          : 2017011063



FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA
YOGYAKARTA
2017


Jurnal 1
PENDIDIKAN KARAKTER DISEKOLAH DALAM RANGKA PEMBENTUKAN SIKAP DISIPLIN SISWA

Judul Jurnal                       : Pendidikan Karakter dan Sikap Disiplin.
Tahun Terbit                      : November 2014
Nama Penulis                    Mukti Widiya Susiyanto
Nama Penerbit                  Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya
Jumlah Halaman                : 8 halaman (Vol. 2 No. 1)

Sinopsis
Pendidikan merupakan aspek penting bagi perkembangan sumber daya manusia, sebab pendidikan merupakan wahana atau satu instrumen yang digunakan bukan saja untuk membebaskan manusia dari keterbelakangan, melainkan juga dari kebodohan dan kemiskinan, pendidikan diyakini mampu menanamkan kapasitas baru bagi semua orang untuk mempelajari pengetahuan dan keterampilan baru sehingga dapat diperoleh manusia yang kreatif dan kritis. Di era globalisasi ini, kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia. Kualitas sumber daya manusia bergantung pada kualitas pendidikan.Peranan pendidikan sangat penting untuk menciptakan masyarakat yang cerdas, damai, terbuka dan demokratis.
Maka dari itu,Pendidikan karakter sangat diperlukan untuk menanamkan sikap disiplin kepada anak didik.Karena disiplin merupakan bakat mereka untuk menjadi manusia yang baik. Apalagi setelah mereka lulus dan bekerja diperusahaan, sangat dibutuhkannya disiplin, baik disiplin dalam hal waktu ataupun disiplin dalam bekerja.
Jurnal yang ditulis oleh Mukti Widiya Susiyanto ini merupakan karya yang terlahir dari kepedulian penulis akan sistem pendidikan, khususnya pendidikan karakter. Sebagai upaya untuk menanamkan sikap disiplin kepada anak didik.Dengan mengangkat tema Implementasi Pendidikan Karakter, Sikap Disiplin. Penerapan sistem pembelajaran kontesktual, penulis merupakan seorang yang memiliki kredibilitas dalam meneliti permasalahan tersebut. Penulis merupakan seorang mahasiswa Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang.


Kelebihan
Penulis berusaha mengungkapkan pemikirannya secara terperinci kedalam beberapa bagian. Setiap persoalan yang dibahas disajikan secara berimbang. Hasil kajian ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi kalangan guru, pelajar,mahasiswa dan kalangan masyarakat luas pada umumnya. Jurnal ini pun merupakan inovasi baru dunia Pendidikan, secara garis besar jurnal ini layak untuk dijadikan sumber referensi dan bahan bacaan bagi semua kalangan khususnya bagi kalangan guru,para siswa.

Kekurangan
Masih ada beberapa kalimat yang tidak ada spasinya.

Kritik dan Saran
Pembahasan dari jurnal ini sudah sangat terperinci dan jelas, tetapi alahkah baiknya penulis lebih cermat dalam hal-hal kecil seperti spasi,nomor halaman dan lain sebagainya dengan baik dan benar.


Jurnal 2
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Judul Jurnal                       Motivasi Belajar dan Upaya Guru.
Tahun Terbit                      : 2015
Nama Penulis                    Siti Suprihatin
Nama Penerbit                  Fakultas Psikologi Universitas Bina Nusantara Jakarta
Jumlah Halaman                : 10 halaman (ISSN: 2442-9449 Vol.3.No.1)

Sinopsis
Pendidikan adalah suatu bentuk investasi jangka panjang yang penting bagi seorang manusia. Pendidikan yang berhasil akan menciptakan manusia yang pantas dan berkelayakan di masyarakat serta tidak menyusahkan orang lain. Masyarakat dari yang paling terbelakang sampai yang paling maju mengakui bahwa pendidikan atau guru merupakan satu diantara sekian banyak unsur pembentuk utama calon anggota utama masyarakat. Pendidkan yang berhasil akan menciptakan manusia yang pantas dan berkelayakan di masyarakat sehingga menjadi penting pendidikan untuk mencetak manusia yang memiliki berkualitas dan berdaya saing. Proses pembelajaran akan berhasil manakala siswa mempunyai motivasi dalam belajar. Oleh karena itu, guru perlu menumbuhkan motivasi belajar siswa. Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal, guru dituntut kreatif membangkitkan motivasi belajar siswa.
Jurnal yang ditulis oleh Siti Suprihatin ini merupakan karya yang terlahir dari kepedulian penulis akan pentingnya motivasi belajar bagi para siswa. Sebagai upaya untuk mewujudkan tujuan/cita-cita yang diinginkan oleh para siswanya maupun masyarakat umum.Dengan mengangkat tema Motivasi Belajar dan Upaya Guru. Penerapan sistem pembelajaran kontesktual, penulis merupakan seorang yang memiliki kredibilitas dalam meneliti permasalahan tersebut. Penulis merupakan seorang mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro.





Kelebihan
Penulis berusaha mengungkapkan pemikirannya secara terperinci kedalam beberapa bagian. Setiap persoalan yang dibahas disajikan secara berimbang dan bermutu tinggi. Jurnal ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi kalangan pelajar,mahasiswa dan kalangan masyarakat luas pada umumnya. Secara garis besar jurnal ini layak untuk dijadikan sumber referensi dan bahan bacaan bagi semua kalangan karena berisi tentang upaya untuk mewujudkan tujuan/cita-cita yang diinginkan oleh setiap orang.

Kekurangan
Masih ada kalimat paragraf yang warnanya tidak sama dengan paragraf lain yaitu dibagian abstrak.

Kritik dan Saran
Pembahasan dari jurnal ini sudah sangat terperinci dan jelas serta mudah dipahami, tetapi alangkah baiknya penulis lebih cermat dalam hal-hal kecil seperti font color,nomor halaman dan lain sebagainya dengan baik dan benar.


Jurnal 3
HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA
MAHASISWA

Judul Jurnal                       Dukungan sosial terhadap motivasi belajar
Nama Penulis                    Darabila Sucian
Nama Penerbit                  Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul Jakarta
Jumlah Halaman                : 5 halaman

Sinopsis
Setiap manusia berperan sebagai makhluk sosial.Dalam menjalankan perannya sebagai makhluk sosial, manusia melakukan interaksi dengan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.Seperti halnya mahasiswa, sebagai seorang pembelajar mahasiswa dituntut mampu berinteraksi dengan orang lain, baik dalam lingkungan akademis maupun lingkungan masyarakat luas.Interaksi yang dilakukan bisadalam bentuk kelompok maupun secara personal.(Laksono, 2013).Mahasiswa akan termotivasi belajar jika ada dukungan social dan salah satu sumber dukungan sosialnya adalah teman. Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak dalam diri mahasiswa yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh mahasiswa dapat tercapai. Motivasi belajar memegang peranan yang penting dalam naik dan turunnya prestasi belajar(Sadirman, dalamDhitaningrum & Izzati, 2013). Seseorang akan memiliki motivasi belajar yang tinggi bila ia menyadari dan memahami tujuan yang akan dicapainya. Bila seseorang memahami citacitanya secara baik, maka ia akan terdorong untuk semakin giat belajar (Dariyo, 2004).  
Jurnal yang ditulis oleh Darabila Sucian ini merupakan karya yang terlahir dari kepedulian penulis akan pentingnya motivasi belajar bagi para mahasiswa. Sebagai upaya untuk mewujudkan tujuan/cita-cita yang diinginkan oleh para mahasiswa maupun masyarakat umum.Dengan mengangkat tema Dukungan sosial terhadap motivasi belajar. Penerapan sistem pembelajaran kontesktual, penulis merupakan seorang yang memiliki kredibilitas dalam meneliti permasalahan tersebut. Penulis merupakan seorang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul Jakarta
Kelebihan
Penulis berusaha mengungkapkan pemikirannya secara terperinci kedalam beberapa bagian. Setiap persoalan yang dibahas disajikan secara berimbang dan bermutu tinggi. Jurnal ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi kalangan mahasiswa dan kalangan masyarakat luas pada umumnya,karena didalam jurnal ini terdapat beberapa perbandingan nilai IPK yang berhubungan dengan motivasi belajar dan dukungan dari lingkungan social.

Kekurangan
Dara diri jurnalnya masih kurang lengkap karena tidak ada tahun terbitnya,vol.jurnalnya dan tidak ada nomor halamannya.

Kritik dan Saran
Pembahasan dari jurnal ini sudah terperinci dan jelas serta mudah dipahami, tetapi alangkah baiknya penulis lebih cermat dalam hal-hal kecil seperti menuliskan tahun terbitnya,vol.jurnalnya dan nomor halamannya.
.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SESORAH TATA KRAMA

“TRI PANTANGAN TAMANSISWA”

Naskah Film Dokumenter